body{display:block; -khtml-user-select:none; -webkit-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; -o-user-select:none; user-select:none; unselectable:on;}

Pengalaman Perkemahan Akhir Tahun, Kegiatan yang Seru !!!

Thursday 29 November 2018

Pengalaman Perkemahan Akhir Tahun, Kegiatan yang Seru !!!



Uraian kegiatan Perkemahan Akhir Tahun (PAT) 2016
SMK Negeri 2 Klaten



Hari                 : Rabu
Tanggal            : 4 Mei 2016
Tempat             : SMK Negeri 2 Klaten & Sekipan Camp
            Hari ini hari Rabu, tepatnya H-1 sebelum PAT 2016. Pukul 07.00 sudah banyak siswa-siswi kelas X menjinjing barang-barang berat seperti galon, kompor gas, gas, dan kayu bakar. Barang-barng tersebut akan dititipkan kepada panitia ke GSB, tujuannya ialah agar besok peserta lebih ringan dalam membawa perlengkapan PAT. Sebagian panitia mengurusi daftar barang-barang peserta H-1 dan sebagian kecil bersiap-siap menuju Sekipan Camp. Pukul 10.00 satu truk pengangkut barang sudah datang, panitia pun mengangkat barang-barang panitia ke dalam truk yang akan diangkut ke Sekipan. Setelah yakin, truk pun melaju ke Sekipan didampingi beberapa panitia yang akan menginap disana terlebih dahulu. Pukul 14.00 truk dan panitia tiba di bumi perkemahan. Panitia dengan sigap langsung menurunkan barang-barang dan menatanya di aula. Panitia yang menginap H-1 ini bertugas untuk mempersiapkan kondisi bumi perkemahan sebelum besok siap digunakan untuk PAT. Disana pun mulai pembagian tugas, ada yang memasang banner, membuat kapling tenda, mengurusi sound, dan mempersiapkan tempat wudhu. Ada juga yang mengecek jalur outbond. Alhamdulillah dalam persiapan tidak ada halangan, cuaca di Sekipan juga mendukung, kebetulan saat itu jarang turun hujan. Namun ada satu hal yang seharusnya bisa dikerjakan saat itu juga namun tidak bisa, yakni pemasangan tenda keamanan. Tali yang merupakan perlengkapan utama mendirikan tenda terlupa dibawa, tapi akhirnya pemasangan tenda keamanan diputuskan dilakukan besok menunggu panitia yang datang membawa tali. Persiapan tersebut selesai saat adzan maghrib berkumandang, panitia yang disana pun istirahat sholat sebentar. Sampai malam menginap di sana, di aula bumi perkemahan, panitia istirahat serambi berjaga barang.







Hari                 : Kamis
Tanggal            : 5 Mei 2016
Tempat             : Sekipan Camp
            Pagi yang cerah, suasana yang damai dan sedikit dingin di Sekipan Camp. Hari ini adalah hari pertama Perkemahan Akhir Tahun 2016 SMK Negeri 2 Klaten dimulai. Pagi buta panitia yang di Sekipan pun bangun, seraya menikmati pemandangan, sambil berjalan-jalan menuju jalan besar mencari sarapan. Setelah sarapan pun panitia kembali mengecek persiapan serambi menunggu peserta datang dari SMK Negeri 2 Klaten. Tanpa disangka ada kendala pada kapling tenda. Karena perkemahan saat itu bersamaan dengan perkemahan  2 sekolah lain yang menggunakan truk angkutan, truk dengan sendiri masuk ke kapling tenda yang telah kami buat, akibatnya tali kapling dan nomor tenda pun banyak yang rusak. Setelah itu kami pun langsung berjaga di sekitar kapling untuk menghalau kendaraan yang ingin parkir didalam kapling tenda dan segera memperbaiki kapling yang rusak. Berjam-jam kemudian, setelah lama menunggu, pukul 14.30 pun peserta sudah tiba di bumi perkemahan. Sedikit terlambat dengan yang kami targetkan, karena bus yang menampung peserta terjebak macet di jalanan Karanganyar. Peserta langsung diarahkan menuju lapangan utama, disana peserta diarahkan mengenai tempat pendirian tenda, dan peserta pun langsung memulai pendirian tenda. Setelah masuk sholat ‘ashar peserta disuruh untuk istirhat sholat terlebih dahulu, dan untuk yang mengikuti giat prestasi cerdas tangkas pramuka tahap penyisihan disuruh siap-siap yang seharusnya jadwalnya pukul 14.30 diundur jadi pukul 15.00. Peserta giat prestasi cerdas tangkas pramuka pun disuruh berkumpul di taman yang sudah di sediakan tikar untuk duduk, dan di beri soal untuk mengerjakan. Di sela-sela Giat LCTP tersebut, karena sudah jadwalnya Giat prestasi geguritan Penyisihan, Peserta yang mengikuti Giat prestasi Geguritan pun berkumpul di aula untuk memulai lomba. Alhamdulillah kedua lomba hari itu cukup lancar sampai berlanjut ke istirahat, sholat, makan pada pukul 18.00-19.30. Untuk malam pertama di bumi perkemahan diadakan sebuah lomba cipta lagu dan dilanjutkan pentas seni tahap 1. Seluruh peserta pun berkumpul di aula dan didepan aula memenuhi tempat untuk memulai kegiatan lomba cipta lagu dan pentas seni sebagai hiburan malam itu.







Hari                 : Jum’at
Tanggal            : 6 Mei 2016
Tempat             : SMK Negeri 2 Klaten
            Giat hari ini diawali dengan beribadah lalu dilanjutkan berolahraga pada pukul 05.15 -06.00, lalu peserta dipersilahkan urus diri dan persiapan giat prestasi PBB.Giat prestasi PBB dimulai pukul 07.30, giat ini dikoordinir oleh salah satu kakak Dewan Ambalan sebagai koordinator lapangan,giat prestasi ini dinilai oleh kakak kakak  dari Organisasi Paskibra SMK 2 Klaten.

0 Comments :

Post a Comment